Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah

pernikahan sehat

Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah karena Pernikahan adalah hubungan yang sakral. Tentunya semua orang menginginkan pernikahannya lancar dan baik-baik saja, termasuk mengenai masalah kesehatan. Melakukan tes medis sebelum menikah merupakan salah satu upaya demi kelancaran hubungan pernikahan kelak. Terdapat beberapa tes medis yang sebaiknya dilakukan oleh pasangan yang hendak melaksanakan pernikahan. Baca juga Berita Terkini disini

Jenis Tes Medis yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menikah 

Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah akan berdampak baik bagi diri sendiri, bagi pasangan dan bagi calon anak Anda kelak. Berikut ini beberapa tes medis yang sebaiknya dilakukan pasangan sebelum menikah.

  1. Tes kehamilan dan kesehatan umum

Dua tes medis sebelum menikah ini penting dilakukan sebelum mendaftar ke KUA. Tes kehamilan dapat diketahui melalui tes urin. Tentunya Anda tidak ingin menikahi wanita yang sedang mengandung janin dari laki-laki lain, kan? Meski saling percaya itu penting, tetapi tes kehamilan akan membuktikan kesetiaan sang calon istri, terlebih lagi di era maraknya pergaulan bebas seperti saat ini. Selain itu, tes medis berkaitan kesehatan umum diantaranya pengukuran berat dan tinggi badan, pemeriksaan gigi, serta tes tekanan darah.

Tes kesehatan reproduksi juga termasuk dalam kesehatan umum. Lakukanlah tes kesehatan reproduksi pada pihak laki-laki dan perempuan, sebab masalah reproduksi juga banyak dialami oleh kaum laki-laki. Tes kesehatan reproduksi akan berguna untuk kelancaran memperoleh buah hati.

  1. Tes VDRL/RPR

Mengikat janji dalam pernikahan tidak bisa dipisahkan dari hubungan. Oleh karena itu, tes VDRL/RPR sebaiknya dilakukan. Tujuannya mendeteksi penyakit seksual menular yakni sifilis. Penyakit menular berbahaya tersebut dapat ditularkan oleh pasangan, bahkan ibu yang mengidap juga dapat menularkan pada janin dalam kandungnya. Fatalnya penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian janin.

  1. Tes rhesus dan golongan darah

Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah yang satu ini sebaiknya juga dilakukan sebab akan berguna bila kelak membutuhkan transfusi darah. Selain itu, tes ini juga untuk mengetahui kecocokan rhesus antar pasangan sebelum menikah. Mengapa perlu? Sebab Rhesus darah bisa memprediksi keadaan janin kelak.

Apabila seorang wanita memiliki rhesus negative, lalu mengandung janin dari laki-laki yang memiliki reshus positif, maka janin yang dikandung berpeluang 50 % untuk mewarisi rhesus positif. Dengan demikian tubuh si ibu secara alami akan menghasilkan antibodi penyerang darah janin, serta dapat merusak eritrosit pada janin. Hal tersebut dapat menyebabkan janin menderita kerusakan otak, anemia, kanker darah maupun hal fatal lain.

  1. Tes HIV AIDS

Seks bebas yang kini merajalela dimana-mana adalah salah satu sebab menyebarnya penyakit berbahaya dan menular yakni AIDS. Penyakit akan menular pada pasangan dan berisiko pula menular pada janin dalam kandungan. Tidak ada seseorang yang mengetahui 100 % bagaimana riwayat seks calon pasangan sahnya.

Bisa saja saat ini pasangan tampak sebagai pria atau wanita yang baik, tetapi ternyata di masa lalunya gemar melakukan seks bebas. Oleh sebab itu, Tes HIV AIDS penting dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan calon buah hati kelak.

  1. Tes penyakit hepatitis B

Penyakit Hepatitis B merusak fungsi hati. Virus Hepatitis B juga bisa hidup lama di dalam tubuh si penderita, serta dapat menular. Dengan cara transfusi darah, hubungan intim, bahkan dari lendir dan air liur. Penyakit menular berbahaya ini juga bisa menular dari si ibu pada janin dalam kandungannya. Sebab itulah penting melakukan Tes Hepatitis B sebelum menikah.

  1. Tes glukosa

Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah yang satu ini sebaiknya juga dilakukan agar mengetahui apakah pasangan mengidap penyakit diabetes yang dapat diwariskan dari garis keturunan. Suami atau istri yang mengidap diabetes dapat menurunkan penyakit tersebut pada anak mereka kelak. Selain itu, wanita berkadar gula tinggi dalam darahnya dapat berisiko sebabkan kecacatan pada janin maupun berisiko mengalami komplikasi saat masa kehamilan.

  1. Tes kejiwaan

Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah ini untuk mengungkap kesiapan mental kedua calon mempelai sebelum mengarungi kehidupan berumah tangga. Pernikahan bukanlah hal yang main-main dibutuhkan mental baja untuk menghadapi masalah dan ujian yang akan menerjang biduk rumah tangga.

  1. Tes TORCH

Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah yang satu ini bertujuan untuk mengetahui apakah calon mempelai wanita terpapar TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes Simplex). TORCH bisa membahayakan kehamilan, diantaranya menyebabkan kelahiran prematur, keguguran dan dapat pula menyebabkan kelainan pada janin, bahkan infertilitas.

Berbagai tes medis sebelum menikah memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun apabila Anda dan pasangan mewujudkan pernikahan yang sehat, lancar dan bahagia, maka salah satu langkah awalnya ialah melakukan tes medis pra nikah. Simak juga Berita Bola disini

 

Berita Hari ini “Ingin Pernikahan Sehat? Tes Medis Sebelum Menikah” sepenuhnya disponsori oleh 188mbsport.com

Related posts

Leave a Comment